Rabu, 02 Mei 2012

PRESTASI BELAJAR


Prestasi belajar adalah sebuah kalimat yang terdiri dari dua kata, yakni “prestasi” dan “belajar”. Antara kata “prestasi” dan “belajar” mempunyai arti yang berbeda. Oleh karena itu, sebelum pengertian “prestasi belajar” dibicarakan ada baiknya pembahasan ini diarahkan pada masalah pertama untuk mendapatkan pemahaman lebih jauh mengetahui makna kata “prestasi”. Sedangkan mengenai belajar sudah kita bahas pada artikel kemarin. Semoga bermanfaat.

1.     Pengertian Prestasi
§  Menurut kamus besar bahasa Indonesia (2005), prestasi adalah hasil yang telah dicapai (dari yang telah dilakukan, dikerjakan)
§  Menurut pendapat WJS. Poerwadarminto, prestasi adalah hasil yang telah dicapai (dilakukan, dikerjakan, dan sebagainya) (Poerwodarminto, 1994: 20)
§  Sedangkan Mas'ud Khasan Abdul Qohar, Prestasi adalah apa yang telah dapat diciptakan, hasil pekerjaan, hasil yang menyenangkan hati yang diperoleh dengan jalan keuletan kerja (Mas'ud Khasan Abdul Qohar, 1994: 20).
§  Sementara itu Nasrun Harahap dan kawan-kawan, memberikan batasan, bahwa prestasi adalah penilaian pendidikan tentang perkembangan dan kemajuan murid yang berkenaan dengan penguasaan bahan pelajaran yang disajikan kepada mereka serta nilai-nilai yang terdapat dalam kurikulum (Nasrun Harahap, 1994: 21).
Dari beberapa pengertian prestasi yang dikemukakan para ahli di atas dapat disimpulkan bahwa prestasi adalah hasil dari suatu kegiatan yang telah dikerjakan, diciptakan, yang menyenangkan hati yang diperoleh dengan jalan keuletan kerja, baik secara individual maupun kelompok dalam bidang kegiatan tertentu.
Kedua pengertian yang dirumuskan oleh kedua ahli di atas pada hakekatnya belajar adalah serangkaian kegiatan jiwa raga untuk memperoleh suatu perubahan tingkah laku sebagai hasil dari pengalaman individu dalam interaksi dengan lingkungannya yang menyangkut kognitif, afektif dan psikomotorik.
Dengan demikian, dapat diambil pengertian yang sederhana mengenai prestasi belajar yaitu hasil yang diperoleh berupa kesan-kesan yang mengakibatkan perubahan dalam diri individu sebagai hasil dari aktivitas dalam belajar.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar