Rabu, 02 Mei 2012

AKHLAK


Akhlak, dengan satu kata ini merupakan satu kata yang selalu menjadi pedoman bagi setiap personal manusia. Dengan akhlak ini manusia akan terbawa pada suatu lembah yang sangat dalam penuh kekotoran, kehinaan atau apa saja yang sangat negative. Dan sebaliknya, walaupun seseorang tersebut tidak memiliki kelebihan apa-apa akan tetapi sebagai manusia yang berakhlak mulia, penuh kesopanan dan aspek-aspek akhlak mampu dilaksanakan.

Untuk itu, betapa baagianya seseorang yang mampu mengaplikasikan akhlaknya dalam kehidupan sehari-hari. Dan betapa menyesalnya seseorang itu ketika berbalik arah dari akhlak yang baik. Untuk itu, pada artikel ini akan kami sajikan sedikit gambaran secara umum tentang akhlak agar kita semuanya memahami seperti apa akhlak itu.
Kata “akhlak” berasal dari bahasa arab, jamak dari khuluq, خلق   yang menurut bahasa berarti budi pekerti, perangai, tingkah laku atau tabiat.[1] Kata tersebut mengandung segi-segi persesuaian dengan perkataan khalqun yang berarti kejadian, yang juga erat hubungannya dengan خالق yang berarti pencipta, demikian pula dengan makhluqun yang berarti yang diciptakan.[2]
Dalam keterangan lain Barmawy Umary[3] mengatakan “akhlak adalah mufrad dari khilqun yang mengandung segi-segi persesuaian dengan khalqun serta erat hubungannya dengan khaliq dan makhluq. Dari sinilah perumusan akhlak yang merupakan koleksi penting yanG memungkinkan timbulnya hubungan baik antara makhluk dengan khalik.
Kesamaan akar kata di atas mengisyaratkan bahwa dalam akhlak tercakup pengertian terciptanya keterpaduan antara kehendak Khalik (Tuhan) dan prilaku makhluk (manusia). Atau dengan kata lain, tata perilaku seseorang terhadap orang lain dan lingkungannya baru mengandung nilai akhlak yang hakiki manakala tindakan atau perilaku tersebut didasarkan pada kehendak Khaliq.



[1]Mustofa, Akhlak Tasawuf  (Bandung: Pustaka Setia, 1997), 11.
[2]Jasuri, Metode Pengajaran Agama (Semarang; IAIN Wali Songo, 1999), 109.
[3]Barrmawi Umary, Materia Akhlak (Solo: CV. Ramadhani, 1997), 2.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar