Atensi; adalah cara- cara akktif memproses
sejumlah informasi yang terbatas dari sejumlah besar informasi yang disediakan
oleh indra, memori yang tersimpan, dan oleh proses- proses kognitif yang lain.
Kesadaran; mencakup perasaan tentang apa yang
disadari maupun isinya, yang darinya kita bisa gunakan untuk menfokuskan
atensi.
Informasi ambang bawah sadar mencakup memori- memori yang
tersimpan namun tidak digunakan setiap waktu kecuali dibutuhkan.
Proses- proses otomatis tidak melibatkan control kesadaran
sedikitpun, proses ini dilakukan tanpa campur tangan kesadaran alam- sadar.
Proses- proses terkontrol bisa diakses oleh kendali kesadaran
bahkan mensyaratkan kontrol kesadaran itu sendiri, proses ini dilakukan secara
berkala.
Otomatisasi/proseduralisasi; adalah proses didalamnya sebuah
prosedur tindakan berubah dari sangat disadari menjadi relatif otomatis.
Teori Pendeteksian Sinyal/ SDT (signal detection theory); teori
tentang cara kita mendeteksi stimuli yang melibatkan empat kemungkinan hasil
terkait hadir atau tidaknya stimulus, dan kemampuan tersebut untuk tidak terdeteksi.
Teori-
teori penyaringan dan leher- botol
tentang Atensi Selektif
- Model Penyaringan Selektif
Morey
- Model Pelemahan Treisman
- Model Penyaringan Akhir Deutsch
dan Deutsch
- Teori Multimode
- Sintesis Neisser
Teori- teori Sumber Daya Atensi
tentang Atensi Selektif; membantu menjelaskan bagaimana kita dapat
melakukan lebih dari satu tugas yang
menuntut atensi pada satu waktu.
Gangguan
Defisit Atensi akibat Hiperaktivitas
Hiperaktivitas/ADHD (attention deficit hyperactivity
disorder); mengalami kesulitan untuk menfokuskan atensi dengan cara- cara yang
menuntut mereka beradaptasi secara optimal terhadap lingkungan.
3 ciri utama ADHD (attention deficit hyperactivity
disorder);
- Tidak bisa memberikan atensi
- Hiperaktif; tingkatan aktifitas
normal melebihi normalnya anak- anak diusia yang sama
- Bersikap Impulsif, impulsif
memiliki 3 bentuk; impulsif- hiperaktif, ketidak mampuan memberikan atensi
dan kombinasi keduanya
Anak-
anak dengan tipe ADHD memiliki beberapa simtom; (1) perhatian mereka mudah
dialihkan oleh pemandangan dan bunyi yang tidak relevan, (2) seringkali gagal
memberikan atensi pada hal- hal yang detil, (3) bertindak ceroboh dalam
mengerjakan tugas- tugas, (4) seringkali gagal membaca intruksi, (5) mudah
melupakan hal- hal yang mereka butuhkan
untuk menyelesaikan tugas, (6) cenderung melompat dari satu tugas ke tugas
yang lain padahal tugas itu belum selesai
Tidak ada komentar:
Posting Komentar