Rabu, 25 April 2012

HAKEKAT ATENSI DAN KESADARAN




Atensi; adalah cara- cara akktif memproses sejumlah informasi yang terbatas dari sejumlah besar informasi yang disediakan oleh indra, memori yang tersimpan, dan oleh proses- proses kognitif yang lain.

Kesadaran; mencakup perasaan tentang apa yang disadari maupun isinya, yang darinya kita bisa gunakan untuk menfokuskan atensi.


Informasi ambang bawah sadar mencakup memori- memori yang tersimpan namun tidak digunakan setiap waktu kecuali dibutuhkan.

Proses- proses otomatis tidak melibatkan control kesadaran sedikitpun, proses ini dilakukan tanpa campur tangan kesadaran alam- sadar.

Proses- proses terkontrol bisa diakses oleh kendali kesadaran bahkan mensyaratkan kontrol kesadaran itu sendiri, proses ini dilakukan secara berkala.

Otomatisasi/proseduralisasi; adalah proses didalamnya sebuah prosedur tindakan berubah dari sangat disadari menjadi relatif otomatis.

Teori Pendeteksian Sinyal/ SDT (signal detection theory); teori tentang cara kita mendeteksi stimuli yang melibatkan empat kemungkinan hasil terkait hadir atau tidaknya stimulus, dan kemampuan tersebut untuk  tidak terdeteksi.

Teori- teori penyaringan dan leher- botol  tentang Atensi Selektif
  1. Model Penyaringan Selektif Morey
  2. Model Pelemahan Treisman
  3. Model Penyaringan Akhir Deutsch dan Deutsch
  4. Teori Multimode
  5. Sintesis Neisser

Teori- teori Sumber Daya Atensi tentang Atensi Selektif;  membantu menjelaskan bagaimana kita dapat melakukan lebih dari satu tugas  yang menuntut atensi pada satu waktu.

Gangguan Defisit Atensi akibat Hiperaktivitas
Hiperaktivitas/ADHD (attention deficit hyperactivity disorder); mengalami kesulitan untuk menfokuskan atensi dengan cara- cara yang menuntut mereka beradaptasi secara optimal terhadap lingkungan.
3 ciri utama ADHD (attention deficit hyperactivity disorder);
  1. Tidak bisa memberikan atensi
  2. Hiperaktif; tingkatan aktifitas normal melebihi normalnya anak- anak diusia yang sama
  3. Bersikap Impulsif, impulsif memiliki 3 bentuk; impulsif- hiperaktif, ketidak mampuan memberikan atensi dan kombinasi keduanya

Anak- anak dengan tipe ADHD memiliki beberapa simtom; (1) perhatian mereka mudah dialihkan oleh pemandangan dan bunyi yang tidak relevan, (2) seringkali gagal memberikan atensi pada hal- hal yang detil, (3) bertindak ceroboh dalam mengerjakan tugas- tugas, (4) seringkali gagal membaca intruksi, (5) mudah melupakan hal- hal yang mereka butuhkan  untuk menyelesaikan tugas, (6) cenderung melompat dari satu tugas ke tugas yang lain padahal tugas itu belum selesai

Tidak ada komentar:

Posting Komentar