Rabu, 25 April 2012

HAKEKAT ATENSI DAN KESADARAN PART II


Atensi adalah cara- cara kita secara aktif memproses sejumlah informasi yang terbatas dari sejumlah besar informasi yang disediakan indra, memori yang tersimpan, dan oleh proses- proses kognitif kita yang lain.
Kesadaran mencakup tentang apa yang disadari maupun isinya, darinya bisa kita gunakan untuk menfokuskan atensi. Atensi mempunyai 3 tujuan :

1.      Membantu pemonitoran interaksi- iinteraksi kita dengan lingkungan
2.      Membantu masa lalu kita (memori) dan masa kini (pencerapan), kontinuitas pengalaman
3.      Mengontrol dan merencanakan tindakan- tindakan ke depan.

Fungsi utama atensi bawah sadar; atensi- terbagi, kewaspadaan, pendeteksian sinyal, penelusuran dan atensi selektif.

Kewaspadaan mengacu pada kemampuan seseorang untuk mengawasi bidang stimulasi pada periode waktu tertentu sembari berusaha mendeteksi penampakan stimulus target yang diinginkan.

Pendeteksian sinyal adalah sebuah teori tentang cara kita mendeteksi stimuli yang melibatkan empat kemungkinan hasil terkait hadir atau tidaknya stimulus, dan kemampuan pendeteksian kita atau kemampuan tersebut untuk tidak terdeteksi.

Penelusuran; mengacu pada pemindaian terhadap lingkungan untuk mencari sifat- sifat tertentu. Dalam penelusuran ini terdapat teori- teori :
1.      Teori integrasi ciri
2.      Teori penelusuran- terbimbing
3.      Teori penyaring gerakan

Model dalam Teori Atensi Selektif (penyaringan);
1.      Model leher botol
2.      Model Broadbent
3.      Modelpenyaringan selektif Murray
4.      Model pelemahan Treisman
5.      Model Penyaringan Akhir Deutsch dan Deutsch
6.      Teori Multimode
7.      Sintesis Neisser

Anthony Marcel (1983); Mengusulkan sebuah model untuk melukiskan bagaimana sensasi- sensasi dan proses- proses kognitif yang muncul diluar kesadaran alam-sadar kita bisa mempengaruhi persepsi dan kognisi alam sadar kita. Menurut model Marcel data-data indrawi dan hipotesis- hipotesis persepsi tersedia bagi dan digunakan oleh beragam proses kognitif tak sadar sebagai tambahan bagi proses pencocokan.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar